KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS “eSport dan Game Center”

ad+1


Disusun oleh :
Ridho Vemby Pradana
16.11.0424
16-S1TI-07

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017




Abstrak
            Dalam beberapa waktu belakangan ini, eSport (electronic sport) sedang berkembang di Indonesia. Saat ini mulai banyak jadwal turnamen game yang digelar dikota-kota besar di Indonesia. Orang melihat game saat ini bukan lagi untuk sekedar menghabiskan waktu karena banyak gamers Indonesia yang tahu menakar kualitas dari sebuah game dan game saat ini bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang. Pemerintah sendiri mulai mengakui eksistensi pemain video game kompetitif atau game yang termasuk eSport. Kementrian Pemuda dan Olahraga, melalui Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) akhirnya memutuskan bahwa Indonesia eSport Association (IeSPA) secara resmi diakui pemerintah pada 2014 silam. Melalui fakta tersebut muncul peluang bisnis bagi beberapa orang yakni game center. Terlebih lagi keberadaan warnet sekarang mulai menghilang karena orang saat ini mampu mencari informasi di internet dengan gadget mereka masing-masing sehingga beberapa warnet berpindah haluan menjadi game center.

Isi
            eSport merupakan cabang olahraga elektronik dalam bentuk kompetisi videogame multipemain yang dimana biasanya para atelet eSport tidak bertanding secara fisik tetapi lebih mementingkan strategi yang dipertandikan secara online maupun LAN melalui komputer yang tersedia pada masing-masing team. Jadi eSport ini merupakan cabang olahraga yang para pemain dan lawannya tidak perlu untuk bertatap muka.
eSport ini sudah muncul bahkan sebelum internet itu ada yaitu sekitar tahun 1972 sampai 1989. Turnamen eSport pertama kali tercatat di universitas Stanford, 19 Oktober 1972 bahkan hadiah dari turnamen ini hanyalah gratis berlangganan majalah rolling stone selama satu tahun. Sedangkan turnamen terbesar pertama kali yang pernah tercatat yaitu terletak di Amerika Serikat yang diselenggarakan oleh Atari dan diikuti oleh 10000 peserta.
Berbeda dengan eSport pada era sekarang dimana teknologi gaming sudah memadai dan koneksi internet yang memiliki kecepatan luar biasa. eSport pada era sekarang lebih teroganisir dan sistem monetasi pada eSport sekarang lebih kompleks. Faktor sponsorhip juga berpengaruh dalam perkembangan esport di dunia karena rata – rata pengahasilan pemain berasal dari sponsorship tersebut.
Ada beberapa cabang dalam dunia eSport. Cabang olahraga eSport yang terkenal dan banyak diminati sekarang ini yaitu DotA 2, League of Legend dan Counter Strike. Bahkan hadiah terbesar dari turnamen eSport di dunia dipegang oleh cabang eSport DotA 2 (The International 6) dengan total hadiah lebih dari 20 juta dollar atau sekitar 260 milyar. Jadi tidak heran para pemain professional eSport memiliki penghasilan yang tidak boleh dibilang sedikit.
Di Indonesia sendiri perkembangan eSport bisa dibilang perlahan tapi pasti dan masih terus berkembang. Dengan semakin menjamurnya komunitas–komunitas gamers di Indonesia akan lebih memudahkan eSport ini untuk berkembang di Indonesia. Bahkan sekarang, pemerintah sudah ikut berperan salah satunya yaitu didirikannya organisasi yang menaungi untuk eSport di Indonesia yaitu IeSPA. IeSPA merupakan asosiasi eSport Indonesia yang akan membina dan memajukan olahraga digital di Indonesia. Asosiasi ini akan menjadi wadah komunitas gamers Indonesia, yang tertarik untuk mengembangkan dan ingin mencapai pretasi tertinggi di eSports. Awal berdirinya IeSPA diprakasai oleh komunitas gaming dari beberapa kalangan, baik dari provider game, forum game, dan beberapa klan gaming di Indonesia. IeSPA sendiri saat ini sudah menjadi anggota dari IeSF (International eSport Federation). Jadi setiap ada event atau turnamen international yang diadakan oleh IeSF maka IeSPA akan diikutsertakan untuk mengirim delagasinya sebagai perwakilan dari negara yang bersangkutan.
Berdasarkan hal diatas terdapat peluang bisnis yang dapat diambil salah satunya dengan membuka game center. Game center berbeda dengan warnet, ini dilihat dari beberapa hal. Pertama dari target pelanggannya, jika warnet menarget orang-orang yang membutuhkan internet untuk mencari informasi namun ini dapat digantikan dengan gadget-gadget yang sekarang hampir setiap orang memilikinya sehingga tidak terlalu membutuhkan warnet lagi karena sudah memiliki alternatifnya. Bahkan internet kini bisa didapat dengan mudah, harga paket internet yang cukup terjangkau dan wifi yang bertebaran ditempat-tempat umum. Ini membuat warnet sudah tidak mampu lagi untuk dijadikan lahan bisnis. Lain halnya dengan game center yang menargetkan para gamers. Game saat ini sudah menjadi salah satu gaya hidup bagi beberapa orang dan faktanya tiap tahun jumlah gamers semakin bertambah tiap tahun. Orang yang ingin bermain game namun tidak memiliki gadget yang bisa dijadikan untuk bermain game, karena beberapa game membutuhkan spesifikasi yang tidak rendah mencari tempat agar bisa bermain game yaitu game center. Serta biasanya seorang gamers bisa bermain game selama lebih dari 6 jam sehari. Kedua tentu dari spesifikasi komputernya. Komputer yang digunakan untuk internetan saja tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi, lain dengan komputer yang digunakan untuk bermain game.

Sebelum membangun sebuah game center ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :
1. Lokasi
Lokasi mendirikan usaha tentu sangat menentukan apakah usaha tersebut akan berjalan dengan baik dan memperoleh keuntungan atau justru sebaliknya. Dalam mendirikan bisnis game center perlu membidik sasaran yang hendak dituju. Membuka usaha di sekitar perumahan atau sekolah yang banyak pelajar dan remaja akan membuat usaha yang akan dijalankan memiliki kemungkinan dikunjungi orang 60%-70%. Berbeda jika mendirikan usaha game center di lokasi yang berdekatan dengan pekerja pabrik, kemungkinan ramai hanya 20-30% saja. Selain membidik pelanggan, juga harus memperhatikan tingkat keamanan dan kenyaman lokasi yang akan  dijadikan untuk memulai bisnis. Pastikan ada tempat untuk pakir kendaraan bermotor, karena jika tidak, tentu saja itu akan menyulitkan dan membuat bingung pelanggan akan diparkir dimana kendaraan mereka. Selain tempat parkir yang luas, hal tak kalah penting adalah tingkat keamanannya. Minimnya tingkat kejahatan di tempat itu akan membuat pelanggan merasa aman dan tenang berlama-lama berkunjung di game center karena mereka tidak perlu khawatir kehilangan sesuatu atau pun mendapat  masalah lainnya.
2. Spesifikasi Komputer
Spesifikasi menjadi unsur yang penting dalam game center. Karena dengan spesifikasi yang cukup tinggi akan membuat game yang dimainkan berjalan lancar tanpa ada gangguan (lag) yang cukup mengganggu kenyamanan pemain. Dengan spesifikasi yang cukup tinggi pelanggan pun tak akan merasa terbebani mengeluarkan uang yang lebih karena itu semua terbayar dengan kualitas dan performa dari komputer demi kelancaran bermain.
3. Koneksi Internet
Hal yang tak kalah pentingnya adalah koneksi internet. Game center yang memiliki spesifikasi yang cukup tinggi namun memiliki koneksi internet yang buruk tidaklah nyaman. Karena sebagian besar pelanggan lebih memilih untuk bermain game online daripada bermain game offline yang tidak membutuhkan internet. Kemungkinan pelanggan akan kecewa dan membuat tidak akan datang lagi dan berpindah ke tempat game center lainnya. Tentunya ini harus diimbangi dengan koneksi internet yang cepat dan stabil.
4. Kenyamanan
Sebenarnya masalah kenyamanan itu relatif, jika memiliki dana yang cukup untuk memasang AC dan tagihan listriknya, dapat menggunakan kipas angin. Para pelanggan masih akan betah di ruangan menikmati permainan online tersebut dengan internet yang stabil. Tapi sebaiknya, untuk kursi duduk siapkan kursi yang nyaman karena mereka bisa duduk disitu berjam-jam lamanya. Akan sangat tidak enak jika kursi tidak nyaman dipakai.
5. Update Permainan (Patching Game)
Selalu update game, karena tiap waktu berkala game akan mendapat pembaruan dari developer dan itu memerlukan update. Para pelanggan tentu tidak mau mendapati komputer yang dipakai belum di update karena itu akan membutuhkan waktu yang akan memakan jatah bilingnya yang seharusnya dipakai untuk bermain, bukan untuk menunggu memperbarui game. Untuk patching game sebaiknya menggunakan satu komputer (komputer admin) yang telah lengkap di patching. Kemudian untuk komputer lainnya hanya tinggal dibagikan software yang ada pada komputer itu. Dengan begitu setiap ada pembaruan dari developer game semua komputer client selalu siap untuk digunakan.
6. Karyawan
Tiap game center biasanya buka selama 24 jam. Karenanya dibutuhkan orang lebih dari satu untuk bergantian menjaganya. Namun dalam pemilihannya tidak bisa dilakukan sembarangan, perlu mencari orang yang dapat dipercaya dan bertindak jujur. Alangkah baiknya bila orang itu adalah orang yang sudah dikenal seperti teman atau rekan bisnis. Dan akan lebih bagus bila memiliki orang yang memiliki keahlian dibidang komputer, karena jika salah satu komputer mendapat masalah/error dapat segera dilakukan perbaikan.
7. Maintenance
Lakukan maintenance rutin untuk memeriksa semua peralatan di game center, dari komputer, kabel, keyboard, mouse,  AC, switch, router, dll. Jika terdapat kerusakan segera perbaiki atau ganti sementara dengan lainnya. Jika perlu lakukan upgrade pada komputer jika dirasa sudah mulai tertinggal dari perkembangan komputer lagipula setiap ada update dari game terkadang diperlukan juga spesifikasi yang lebih tinggi agar tetap menjaga komputer tidak lag saat dimainkan. Serta jaga selalu kebersihan tempat game center agar para pelanggan merasa betah berlama-lama.
8. Membangun Komunitas dan Promosi
Poin ini penting ketika membuka sebuah bisnis game center, tak hanya menyediakan fasilias yang lengkap serta nyaman. Saat dibuka tentu diperlukan promosi untuk mencari pelanggan. Atau mungkin bisa karena baru saja dibuka dapat memberi paket-paket menarik dengan harga murah yang membuat orang tertarik untuk bermain. Seiring berjalannya waktu dapat menaikan harga paket lebih tinggi karena dirasa sudah cukup dalam melakukan promosi. Para pelanggan mungkin tidak akan keberatan dengan kenaikan itu karena sudah mencoba bermain. Jika kualitas dan kenyamanannya baik kenaikan harga tidak akan membuat pelanggan lari karena itu semua seimbang dengan apa yang diberikan dan itu dapat membuat pelanggan suka dan selalu datang bermain game. Telah banyak game center yang bisa bertahan lama karena memiliki pelanggan yang setia. Seringnya berkunjung ke tempat itu akhirnya membuat para pelanggan saling kenal, jika begitu mungkin juga akan dijadikan sebagai tempat reuni bermain game. Atau bahkan mengadakan turnamen eSport kecil-kecilan untuk mendapat hadiah serta membantu mengembangkan dunia eSport di Indonesia.  Karena dengan adanya turnamen para pemain Indonesia dapat mencoba dan mengasah skill dalam bermain game yang mungkin suatu hari nanti Indonesia dapat bersaing dengan negara tetangga seperti Malaysia, Filipina, dan Singapura yang sudah memiliki industri eSport yang cukup baik atau bahkan dunia seperti Amerika, Swedia, China, dan Korea Selatan. Yang perlu diingat, jangan berhenti melakukan promosi meski game center ramai pengunjung karena pasti pelanggan lama akan mulai menghilang melepas hobinya bermain game karena banyak faktor sehingga diperlukan pelanggan baru untuk menggantikan pelanggan lama.

            Sekarang saatnya menghitung modal membuka usaha game center ini. Perhitungan ini adalah perhitungan kasarnya(pembulatan) saja. Biaya modal mungkin lebih rendah atau lebih tinggi dari perhitungan ini.
Modal awal :
• Tempat bisnis dan renovasi                                         =          Rp. 40.000.000,-
• Komputer (client)                 20 unit                              =          Rp. 200.000.000,-
• Komputer (server)                1 unit                               =          Rp. 15.000.000,-
• Jaringan internet (kabel, switch, isp, router,dll)        =          Rp. 5.000.000,-
• Kursi gaming                        21 unit                              =          Rp. 63.000.000,-
==========================================================
Total                                                                            =          Rp. 323.000.000,-

Biaya Operasional
• Listrik                                                                       =          Rp. 2.000.000,-
• Koneksi internet                                                       =          Rp. 4.000.000,-
• Gaji Karyawan                     3 orang                        =          Rp. 3.000.000,-
• Lain-lain (Biaya tak terduga)                                   =          Rp. 1.000.000,-
==========================================================
Total                                                                            =          Rp. 10.000.000,-

Pendapatan per Bulan
Asumsikan 1 jam Rp. 5.000,- dan dalam satu hari sebuah komputer dapat menyala selama 12 jam
Pendapatan per hari = Rp. 5.000,- x 12 x 20  =          Rp. 1.200.000,-
Pendapatan per bulan = Rp.1.200.000,- x 30 =          Rp. 36.000.000,-

Jadi keuntungan selama satu bulan
Rp. 36.000.000,- - Rp. 10.000.000,-               =          Rp. 26.000.000,-

BEP, waktu yang dibutuhkan untuk balik modal kurang lebih 12 bulan

Memang modal yang dibutuhkan dalam membangun bisnis game center tidaklah murah, namun ini semua bisa tertutupi dengan kerja keras untuk tetap menjaga agar bisnis game center bisa bertahan dan mampu bersaing dengan game center lainnya. Bisnis game center mampu bertahan setidaknya hingga 5 tahun kedepan mengingat data bahwa industri game semakin berkembang tiap hari dan pelaku game semakin bertambah. Dan semoga industri eSport Indonesia semakin berkembang maju dan dapat bersaing dengan negara lain di tingkat Internasional.

Referensi :
http://masdimdimas.blogspot.co.id/2016/11/apa-sih-esport-itu-gimana-sih.html
http://hashtagindonesia.net/602/perkembangan-esport-indonesia
http://www.ngasih.com/2016/04/06/6-tips-memulai-bisnis-gaming-center-online-dan-biaya-menjalankannya/
http://ramadhandroid.blogspot.co.id/2015/03/karya-ilmiah-peluang-bisnis-usaha-game.html
http://betzum.blogspot.co.id/2016/06/paket-usaha-warnet-atau-game-center.html
http://opac-espaciopublico.blogspot.co.id/2016/01/memulai-usaha-warnet-serta-game-center.html
https://www.berbisnisinternet.com/analisa-modal-dan-keuntungan-usaha-persewaan-game-center/

1 komentar: Leave Your Comments


  1. ♥ ♠ ♦ ♣ ||DOMINOPELANGI . NET|| ♣ ♦ ♠ ♥

    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari DOMINOPELANGI .NET :) 1 ID Untuk 8 Games :

    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan :

    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    -DOMINOPELANGI .NET Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At -DOMINO206 .NET ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2BE3D683
    - WHATSAPP: +855 87 480 626
    - SKYPE : domino206

    Link Alternatif :
    DOMINOPELANGI. NET
    DOMINOPELANGI. COM
    PELANGIDOMINO. NET

    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss

    BalasHapus

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com