KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS “Profesi Industri Game”

ad+1



Disusun oleh :
Ridho Vemby Pradana
16.11.0424
16-S1TI-07

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017



Abstrak
         Industri game sedang pesat-pesatnya berkembang di masa kini. Bisnis yang sangat menjanjikan bila serius dijalani ini memiliki prospek yang bagus dan akan masih berkembang beberapa tahun kedepan. Ini karena pertumbuhan dunia game didunia sangat cepat, bahkan di Indonesia sendiri saat ini mengalami pertumbuhan bisnis di bidang game via gadget ataupun komputer. Maka bagi beberapa orang ini adalah peluang yang sangat besar. Serta terdapat beberapa profesi dalam industri game saat ini yang sedang berkembang pesat ini.




Isi 

Menurut data lembaga riset pasar game Newzoo, tahun lalu, pasar mainan online di pasar domestik mencapai US$ 321 juta atau setara Rp 4,43 triliun (kurs Rp 13.800). Angka ini melonjak 77,25% dari hasil 2014 yang baru US$ 181,1 juta atau Rp 2,5 triliun. Sebagai informasi, Indonesia saat ini merupakan pasar game terbesar kedua di Asia Tenggara dengan pertumbuhan investasi mencapai 47% dengan nilai revenue pada pangsa Indonesia mencapai US$ 321 juta. Namun pelaku industri lokal hanya menguasai 10 persen market share, kontribusi developer lokal hanya 1,2 persen.
Potensi bisnis di industri ini memang sangat bagus bagi Indonesia. Namun, para pelaku di industri game lokal susah untuk berkembang salah satu penyebabnya adalah para developer game di Indonesia masih belum terlalu banyak. Tercatat, hanya ada sekitar 1.000 studio game yang ada di Indonesia. Penyebab lainnya yang membuat industri game nasional tidak berkembang adalah tidak ada penyatuan antara developer lokal dan publisher lokal.

Berikut profesi-profesi di bidang game yang bisa dilakukan :

1. Ilustrator

Ilustrator disini bekerja membuat ilustrasi gambar di dalam game. Karena setiap perusahaan video game pasti membutuhkan desainer untuk menciptakan karakter-karakter yang mendukung sebuah permainan. Jika memiliki kegemaran bermain video game dan juga menggambar, tak ada salahnya untuk mencoba peruntungan menjadi ilustrator di perusahaan video game


2. Music Programmer
Musik sangat diperlukan dalam sebuah game. Karena musik dapat membantu membangun sebuah cerita dalam sebuah game. Maka dari itu, seorang music programmer dituntut untuk dapat menciptakan musik, dan memberikan efek suara yang tepat dalam permainan. Profesi ini memang membutuhkan ide-ide brilian untuk menciptakan nada-nada baru. Jika memiliki antusiasme di bidang musik dan video game, profesi ini pantas dicoba. Kabarnya seorang music programmer bisa memiliki pendapatan 1 miliar lebih per tahun.


3. Game Programmer
Jika ilustrator menciptakan karakter, maka game programmer memastikan kalau sang karakter yang diciptakan bisa berjalan dengan baik dari berbagai aspek dalam game-nya. Tentunya dibutuhkan keahlian programming dibidang ini agar bisa memasukan perintah-perintah untuk karakter agar terkesan hidup.


4. Game Designer
Game designer disini bertugas merancang gameplay atau sistem dari sebuah permainan. Aturan tersebut bisa merupakan karakter di dalam game dan perannya, deskripsi, tujuan dari game, alur cerita dari game, hingga merancang tiap level dari sebuah game. Mudahnya, game designer memberikan ide untuk menggambarkan karakter, lingkungan, dan visi misi dari permainan yang akan diciptakan.


5. Game Producer
Dibutuhkan kemampuan dibidang manajemen dan keuangan sebagai produser game. Game producer memiliki keterlibatan dalam urusan anggaran, manajemen proyek, dan promosi. Game producer bisa dibilang bos-nya perusahaan game, karena produser game adalah yang merencanakan anggaran serta orang yang paling punya kuasa dalam proyek pembuatan game.


6. Marketing Game
Sebuah game yang dibuat pasti memerlukan promosi untuk mendatangkan penghasilan. Bidang ini pasti membutuhkan keahlian dibidang marketing. Selain itu seorang marketing game memiliki penghasilan yang fantastis apabila game yang dipromosikan bisa terjual ratusan, ribuan, hingga jutaan kopi.


7. Moderator Game
Memiliki kegemaran dalam komunitas game atau forum-forum game pantas mencoba profesi ini. Seorang moderator game atau biasa juga disebut Gamemaster merupakan perwakilan dari game tersebut, baik sebagai moderator di dalam game, Facebook group, sosial media, sampai forum. Dan tidak jarang memiliki tingkat tekanan yang tinggi, karena moderator merupakan tameng dari perusahaan saat si pemain marah atau ketika kena ban. Namun dibalik itu, moderator game  mempunyai peranan penting untuk menjaga game-nya berjalan sesuai peraturan. 


8. Quality Assurance (QA)

Dibutuhkan kemampuan di bidang programming atau coding dibidang ini. Quality Assurance bertugas untuk mengecek atau tes kualitas game yang sedang dikembangkan. Apakah game tersebut ada bug (error/masalah) atau tidak, apakah game-nya sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh game designer, game producer, dan juga pasar. Semua data yang dikumpulkan oleh QA saat tes akan dikembalikan kepada tim development agar game-nya dapat diperbaiki dan dibuat lebih baik lagi.


9. Professional Gamer
Professional gamer atau kini sering disebut atlit eSport adalah orang yang mendalami dan menguasai sebuah game dan biasanya bermain untuk berkompetisi demi mendapatkan hadiah/gaji. Ini bisa dimulai dengan cara bergabung dalam klub game ataupun secara independen. Gamer profesional biasanya berusaha menaikan ranking dan skill setinggi mungkin. Professional gamer khususnya yang berada dilevel internasional bisa memiliki pendapatan dari puluhan juta hingga ratusan juta per bulan.


Referensi :
https://duniagames.co.id/news/1491-9-profesi-yang-bisa-kamu-tekuni-dalam-industri-game
http://www.mastel.id/industri-game-indonesia/

1 komentar: Leave Your Comments

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com