KARYA ILMIAH PELUANG BISNIS “Web Design”

ad+1

 
Disusun oleh :
Ridho Vemby Pradana
16.11.0424
16-S1TI-07

UNIVERSITAS AMIKOM YOGYAKARTA
2016/2017



Abstrak
            Pesatnya perkembangan teknologi saat ini, membuat website menjadi sesuatu yang wajib bagi setiap instansi maupun usaha baik dalam bentuk perusahaan maupun perorangan. Fungsi website sekarang bermacam-macam, untuk mempromosikan suatu perusahaan, toko online, dan juga hanya sekedar untuk web pribadi. Di tambah semakin banyaknya pengguna internet juga memicu pertumbuhan website. Media internet pada saat ini sudah menjadi media pemasaran yang cukup menjanjikan. Sehingga peluang untuk membuka usaha dibidang desain web semakin terbuka. Namun banyaknya permintaan tidak seimbang dengan jumlah jasa web development yang ada, ini bisa jadi peluang usaha bagi beberapa orang.

Isi
            Situs Web (website) adalah suatu halaman web yang saling berhubungan berisi tentang kumpulan informasi yang disediakan secara perorangan, kelompok, atau organisasi. Di era modern ini kata website sudah familiar di kalangan masyarakat. sehingga ini di gunakan para pebisnis untuk memasarkan produk mereka.  Selain itu website juga digunakan untuk media iklan dan media komunikasi dengan pelanggan. Hal ini di karenakan website lebih efisien, jangkauan luas, dan bisa mendatangkan profit yang lebih besar. Ditambah perkembangan internet yang sangat pesat membuat masyarakat lebih sering menggunakan media internet untuk berjualan. Dengan begitu, website menjadi peluang bagi para pengusaha jasa pembuatan website baik yang sudah berpengalaman maupun yang baru pemula.   
Mengetahui sistem kerja apa yang dipakai antara penyedia jasa desain website dan kliennya. Sistem kerja tersebut bisa berupa sistem kerja – putus atau sistem kotrak. Sistem kerja - putus adalah sistem kerja dimana penyedia jasa desain website hanya sebatas menyelesaikan website permintaan klien, tanpa pengelolaan dan keamanan website. Sedangkan sistem kontrak adalah sistem dimana penyedia jasa desain website juga mempunyai tanggung jawab pada pengelolaan dan keamanan website selain menyelesaikan website tersebut.
Dalam urusan tarif, bisa memasang tarif kontan tanpa DP dan tarif uang muka (DP) dari 10-50% sesuai harga yang sudah disepakati. Ini perlu karena bisnis desain web adalah bisnis sistem jasa yang membutuhkan waktu pembuatan website sesuai pemesanan sehingga untuk menghindari pembatalan pemesanan dari pelanggan.
Bisnis jasa membuatan website bisa dijadikan bisnis utama bahkan penghasilan utama karena memang potensi penghasilan puluhan juta per bulan. Terlebih di saat mendapatkan komisi besar pada sekali proyek yang tergantung tingkat kesulitan pembuatan website itu sendiri.
Bila digabungkan dengan bisnis jasa hosting maka orang yang sudah memesan website, bisa akan menjadi pelanggan setia sehingga aliran uang bisa tetap didapatkan walau si pemesan tadi sudah tidak memesan pembuatan website lagi. Hanya perlu mematok harga lebih murah dalam pembuatan website apabila si pemesan menggunakan jasa hosting. Maka tentu orang yang belum memiliki hosting lebih baik menyewa sambil dibuatkan website. Tentunya servis dalam hosting lebih bisa didapatkan si pemesan website.

Hal yang harus diperhatikan dalam usaha desain website adalah : 

Jenis Layanan Web
Saat ini web dipergunakan oleh hampir semua kalangan baik perorangan maupun perusahaan. Baik hanya sekadar untuk memperkenalkan usaha maupun untuk menjual produk. Bukan hanya web berbayar yang dapat dilayani membikinnya, bahkan blog gratis pun bias didesain oleh seorang yang berkecimpung dalam pelayanan bikin web. Saat ini permintaan paling banyak untuk web professional. layanan web yang paling laris adalah web professional karena banyak sekali perusahaan yang ingin dikenal secara global dan melakukan aktivitas perusahaan secara online melalui internet.  Ketika telah berkecimpung dalam pelayanan pembuatan website, seorang web developer tidak hanya bertanggung jawab untuk membuat sebuah web, namun juga bertanggung jawab untuk dapat mempresentasikan apa yang diinginkan oleh pelanggan.
Dalam hal ini, harga membuat website bisa sangat bervariasi mulai dari Rp.500.000,- hingga Rp.50.000.000,-. Yang membuat harga tersebut berbeda terletak pada konsep karena membuat website harus benar-benar memahami dan mendalami visi dan misi pelanggan tersebut sehingga mampu membuat web yang komunikatif namun tetap memiliki tampilan yang menarik. 

Kemampuan
Pengetahuan dan keahlian dalam program PhP, MySql, shtml, dhtml, perl, dan juga pengetahuan tentang server programming menjadi suatu keharusan. Diperlukan pengalaman tentang tampilan website, jika masih merasa kurang bisa melihat contoh website-website yang ada diinternet. Ada beberapa jenis website yang tampilannya hampir sama seperti website untuk forum. Ini sebagai bekal bahwa desain website tidak akan lepas dari yang sudah ada sehingga mempermudah dalam pembuatan. Namun perlu juga memberikan perbedaan dengan website lainnya yang sejenis. Maka dibutuhkan pula sifat kreatif dan imajinatif dalam membuat website. Kreatif adalah suka membuat website dengan berbagai model. Tidak puas bila sekedar mahir membuat website tapi dalam segi model website tidak ada perubahan. Imajinatif adalah untuk membantu dalam pengembangan desain website alias model website.

Peralatan
Saat ini, pembuatan sebuah web tidak lagi menjadi sesuatu yang sulit untuk dikerjakan. Seorang web developer tidak harus menyusun satu persatu bahasa pemrograman untuk membuat sebuah website jarena semakin banyak software yang menyusun bahasa PHP, mySQL, software untuk mengedit dan mendesain tampilan website, software untuk membuat kerangka web, sehingga seorang web developer hanya perlu menempel dan mendesain saja untuk membuat web yang interaktif dan komunikatif.
Demikian pula, peralatan dan modal yang dibutuhkan tidaklah besar. Tidak lebih dari Rp. 5.000.000,- seseorang sudah bisa memulai usaha ini. Modal tersebut digunakan untuk membeli sebuah komputer atau laptop dan jaringan internet, domain, dan hosting. Bahkan modal bisa dibawah Rp. 5.000.000,- bila sudah memiliki komputer sendiri.

Pemasaran dan Persaingan
Untuk mengatasi persaingan ini, seorang web developer harus mementingkan service karena dalam usaha yang lebih mengandalkan pelayanan, service menjadi sesuatu yang sangat penting. Tidak hanya sebatas membuat website sampai selesai dibuat namun juga akan memantau website yang sudah berjalan (maintenance web) seperti update data, agenda dan lainnya.
Sementara untuk memasarkan usaha yang berbasis internet ini, ada dua cara yang dapat dilakukan offline dan online. Secara online pertama-tama harus membuat website sendiri, kemudian menggunakan pelayanan SEO agar situs atau blog kita dapat menempati posisi teratas pada search engine dengan keyword tertentu. Sedangkan secara offline dapat dilakukan dengan beriklan di Koran, membuat brosur, spanduk, pertemanan dan facebook, person to person, dan menyelipkan alamat web di kartu nama. Namun tetap saja yang terpenting ialah sejauh mana service yang diberikan untuk pelanggan sehingga pelayanan pembuatan website semakin dikenal.

Menguasai dan Memenuhi Segala Bentuk Permintaan Pelanggan
Orang yang meminta pemesanan website biasanya melihat contoh website di internet. Tidak bisa lepas dari contoh yang sudah ada. Bila memang sudah terbiasa membuat website sesuai yang ada di internet maka permintaan pelanggan bisa  dijalani semua. Namun bila pelanggan ingin meminta tampilan yang berbeda dari website yang sudah ada entah dalam warna tampilan atau lainnya maka itu adalah sebuah keharusan karena kepuasan pelanggan sangatlah penting. Tetapi perlu juga memberi saran kepada pelanggan tampilan apa yang lebih baik untuk website bila pelanggan meminta permintaan karena sang pembuat website pasti lebih berpengalaman dan mengetahui apa yang terbaik tentang website. Serta yang tak kalah penting adalah menyelesaikan permintaan pemesan dalam waktu sesuai jadwal dan memberikan hasil yang memuaskan.

Paling menguntungkan
Dari semua pelayanan yang ditawarkan, paling banyak diminati ialah membuat website berbayar  berbentuk dinamis untuk kalangan professional, karena tampilan merupakan sesuatu yang sangat penting sebagai tampilan awal perusahaan. Sementara dari semua usaha pembuatan website, yang paling menguntungkan ialah pelayanan bikin website lengkap, mulai dari blog, web, e-commerce, bahkan pelayanan maintenance dengan keutungan rata-rata bisa mencapai angka 80%. Terlebih untuk membuat blog, seorang web developer tidak perlu membeli domain dan hosting seperti halnya membuat website, sehingga keuntungannya bisa mencapai 100%.

Desain Website adalah bisnis yang akan bertahan lama dan akan terus berkembang karena di era digital ini internet adalah hal yang sangat penting dalam bisnis dan setiap usaha didunia ini memerlukan

Referensi :
http://peluangusaha25.blogspot.co.id/2014/04/peluang-bisnis-jasa-pembuatan-website.html

0 komentar:

www.lowongankerjababysitter.com www.lowongankerjapembanturumahtangga.com www.lowonganperawatlansia.com www.lowonganperawatlansia.com www.yayasanperawatlansia.com www.penyalurpembanturumahtanggaku.com www.bajubatikmodernku.com www.bestdaytradingstrategyy.com www.paketpernikahanmurahjakarta.com www.paketweddingorganizerjakarta.com www.undanganpernikahanunikmurah.com